TIPS MENCATAT YANG BAIK DALAM BELAJAR DI RUANG KELAS



Banyak hal yang dapat membuat kita kehilangan pembelajaran berharga dalam kelas, kesulitan dalam memahami informasi yang disampaikan oleh guru atau dosen, atau kesulitan dalam mengejar materi yang dijelaskan sehingga kebingungan dalam mengurutkan materi dan bingung lebih berlanjut dengan tidak dipahaminya semua informasi karena kehabisan waktu. Ada beberapa cara yang bisa digunakan dalam mencatat secara efektif agar tidak kehilangan informasi berharga pada saat guru atau dosen menjelaskan materi dalam kelas.

  1. 1.       Kumpulkan  Bahan Materi Yang Pernah  Anda Miliki. Ini mungkin terdengar cukup mendasar, tetapi penting untuk memiliki semua bahan materi yang terorganisir dan siap untuk digunakan sebelum dimulainya pembelajaran di kelas. Jika Anda menulis dengan kertas dan pena, pastikan Anda memiliki notebook berukuran A4 dengan banyak halaman kosong dan dua dari masing-masing pena warna. Jika Anda menggunakan laptop, pastikan itu baterainya terisi penuh atau anda dapat duduk di dekat stopkontak. Jika Anda mengenakan kacamata, pastikan Anda menggunakannya ketika guru / dosen menuliskan informasi penting pada papan tulis. Jika Anda membawa kacamata Anda, pastikan untuk membawa kain microfiber kecil sehingga Anda dapat membersihkan kacamata anda jika perlu. Juga ingat untuk memposisikan diri di daerah ruang di mana Anda secara efektif dapat melihat dan mendengar dengan baik.
  2. 2.       Bersiap. Sebelum Anda mengikuti pembelajaran dalam  kelas atau perkuliahan, pastikan untuk meninjau catatan Anda dari waktu putaran terakhir. Ini akan membantu Anda lebih cepat dan siap untuk mencatat agar tidak tertinggal informasi apapun. Jika Anda disarankan untuk membaca  terlebih dahulu untuk mempersiapkan diri sebelum pembelajaran dimulai, pastikan Anda menyelesaikannya. Ini akan membantu Anda untuk memahami setiap tema, konsep atau ide bahwa guru atau dosen yang mungkin hadir dalam kelas. Ide yang bagus akan menguraikan bagian, artikel, atau bab yang akan dipelajari. Menulis outline Anda di satu sisi  kertas sehingga Anda dapat menambahkan catatan kelas Anda di sisi lain. Ingat pepatah lama “By failing to prepare, you are preparing to fail”.

  1. 3.       Jadilah pendengar yang aktif. Ketika mencatat, banyak orang membuat kesalahan dengan tanpa berpikir mencatat setiap kata, tanpa benar-benar memahami apa yang dikatakan.  Ini adalah kesalahan. Jika Anda tidak berusaha untuk memahami topik saat Anda berada di kelas, Anda kehilangan kesempatan pembelajaran yang berharga. Oleh karena itu, Anda harus mencoba untuk menyerap informasi yang Anda dengar saat putaran pertama, maka Anda tidak akan memiliki bannyak pekerjaan yang harus dilakukan pada saat  anda kehabisan waktu untuk memulai lagi dari awal untuk memahami pembelajaran yang telah berlangsung.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MUDAH DAN CEPAT MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INGGRIS (TO INFINITIVE)

MOVIE (THE MENTALIST) SUBTITLE INDONESIA

CARA MUDAH MEMAHAMI PENGGUNAAN ELIPTIC SENTENCE