TIPS MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR BAHASA INGGRIS DENGAN MUDAH

Masih bingung harus bagaimana memulai belajar bahasa Inggris atau tidak begitu paham apa yang terjadi pada anda yang telah belajar bahasa Inggris sekian lama tetapi masih belum menunjukkan hasil yang anda inginkan? Covalah beberapa tips di bawah ini. Walapun mungkin diantaranya sudah ada yang telah anda lakukan. Cobalah lebih dalam lagi untuk memahaminya. Lakukkan dan lihatlah hasilnya. Anda akan berada satu tingkat diatas pembelajaran anda saat ini. Bersabar dan ulet akan memberikan hasil yang memuaskan. Tips-tipsnya adalah sebagai berikut:

1.      Jangan takut untuk melakukan kesalahan. Jadilah percaya diri. Orang-orang hanya bisa memperbaiki kesalahan Anda ketika mereka mendengar Anda membuat mereka mengelilingi diri Anda dalam pembelajaran bahasa Inggris mereka akan membantu anda memperbaiki kesalahan anda tanpa anda perlu merasa rendah diri.
2.      Tempatkan diri Anda dalam lingkungan berbahasa Inggris di mana Anda dapat belajar secara pasif. Cara terbaik untuk belajar adalah melalui berbicara. Berlatih setiap hari. Buatlah rencana studi. Putuskan berapa banyak waktu seminggu yang ingin anda akan habiskan untuk mempelajari dan konsistenlah pada jadwal itu untuk membangun rutinitas. Beritahu keluarga dan teman-teman tentang rencana studi Anda. Buat mereka mendorong Anda untuk belajar dan jangan biarkan mereka membuat anda merasa tidak nyaman. Santailah menghadapi rutinitas dan orang disekitar anda.
3.      Berlatihlah 4 keahlian inti dalam pembelajaran Bahasa Inggris: membaca, menulis, berbicara, dan mendengarkan. Semua keahlian itu harus bekerja sama selama untuk meningkatkan kemapuan anda dalam berbahasa Inggris karena keempat keahlian itu akan saling mendukung dalam pembelajaran bahasa yang anda pelajari.
4.      Buatlah sebuah notebook untuk anda isi dengan kata-kata baru yang Anda pelajari. Gunakanlah  dalam kalimat dan mencoba untuk mengucapkannya setidaknya 3 kali ketika Anda berbicara.  Menghafal daftar kata adalah salah satu cara yang paling umum dalam mempelajari kosa kata untuk ujian. Ini hanya latihan untuk jangka pendek dalam pembelajaran anda karena Anda sering tidak menyimpan informasi yang telah Anda pelajari untuk ujian. Sehingga perlu untuk lebih intensif mengulangnya.
5.      Lihat kondisi tubuh Anda. Jika Anda bukan orang yang mudah belajar dan menghafal pada pagi hari, maka belajarlah di sore hari.
6.      Anda akan lebih mudah mengingat kata-kata jika anda memasukannya dalam sebuah kalimat dibandingkan hanya menghafal kata itu saja.
7.      Katakan pada diri anda, belajar bahasa inggris bukan hanya untuk ujian bahasa saja, tetapi untuk suatu tujuan yang lebih besar. Maka Anda akan menemukan diri Anda  bekerja lebih keras ketika Anda perlu belajar sesuatu. Misalnya tujuannya untuk meningkatkan taraf hidup anda dan kualitas hidup serta pekerjaan anda. Beri tujuan jangka panjang pada diri anda dan fokuslah pada tujuan itu. Tujuan jangka pendek juga bagus, tetapi beri penghargaan pada diri anda ketika mampu mencapainya sehingga akan memotivias anda lebih untuk meningkatkan kemampuan.
8.      Ciptakan suasana di mana Anda ingin belajar, bukan karena Anda harus belajar tetapi karena rasa ingin tahu anda sehingga Anda belajar karena Anda ingin.
9.      Cari tahu apa yang terbaik untuk Anda. Pikirkan tentang apa metode telah berhasil untuk Anda di masa lalu dan tetap menggunakannya. Memahami bagaimana Anda belajar. Hal ini dapat membantu anda untuk menghafal, membaca, berbicara, meringkas atau menggunakan metode lainnya. Cari tahu bagaimana cara belajar yang terbaik, apakah di tempat yang tenang, sendirian,  atau dengan kelompok. Mintalah bantuan Jika Anda tidak memahami sesuatu Anda harus meminta seseorang. Tanyakan guru, teman sekelas atau teman untuk membantu. Kemudian Tinjau dan  Pastikan bahwa Anda meluangkan waktu untuk meninjau hal-hal yang telah dipelajari di masa lalu.
10.  Tidak begitu efektif untuk belajar sendiri selama 30 menit pada satu waktu. Luangkan waktu beristirahat secara teratur, mendapatkan udara segar dan meregangkan kaki Anda. Jangan terburu-buru untuk naik tingkat. Berkonsentrasi pada tingkat Anda berada di saat ini. Luangkan waktu Menonton, menikmati hiburan untuk relaksasi. 
11.  Gunakan DVD pembelajaran bahasa Inggris untuk belajar dan mengulang-ulang pengucapan yang benar. Jangan menonton TV yang menggunakan penutus aslinya tetapi tidak bisa diulang. Akan membuat anda bingung.
12.  Baca buku yang susuai dengan tingkatan baca anda. Buku-buku ini secara khusus ditulis untuk tingkat Anda. Baca keseluruhan sehingga  Anda akan merasa besar setelah itu. Dan mulai naik ke level selanjutnya. Buku anak-anak memiliki kata-kata yang lebih mudah dan merupakan alternatif yang baik untuk pembaca. Koran adalah tempat yang baik untuk menemukan konstruksi pasif. Bacalah artikel dan lihat apakah Anda dapat menemukan kalimat pasif. Pertama Baca keseluruhan  untuk arti secara umum. Jangan khawatir tentang memahami setiap kata, kemudian kembali dan mencari kata-kata baru. Untuk kata yang tidak mengerti dalam sebuah kalimat, melihat kata-kata lain di sekitarnya. Maka akan memberikan petunjuk. Cobalah untuk menebak makna dari konteks. Pelajari kata-kata akar. Mereka akan membantu Anda menebak arti kata-kata. Sebagai contoh: scrib = write, min = kecil Ketika Anda belajar kata baru, memikirkan segala bentuknya lainnya: Beautiful (kata sifat), keindahan (kata benda), indah (adverbia). Pelajari prefiks (dis, un, kembali) dan sufiks (-ly, ment, -ful), ini akan membantu Anda untuk mengetahui arti dari kata-kata dan membangun kosa kata Anda.
13.  Menggunakan bahasa Inggris dimana saja setiap kali Anda bisa. Sesederhana itu! Benar. Jangan menerjemahkan ke dalam bahasa Inggris dari bahasa Anda sendiri. Berpikir dalam bahasa Inggris untuk meningkatkan kefasihan Anda. Berbicara pada diri sendiri ... tapi tidak di bus, orang akan berpikir Anda sudah gila! Anda tidak bisa belajar bahasa Inggris hanya  dari buku. Anda hanya dapat belajar dengan melakukannya. Cara yang paling alami untuk belajar tata bahasa adalah melalui berbicara. Jauhkan buku harian Inggris atau jurnal. Mulailah dengan menulis beberapa kalimat sehari dan kemudian masuk ke dalam kebiasaan menulis lagi. Mengapa tidak memulai blog secara online dan berbagi tulisan Anda dengan dunia? Untuk menjadi penulis yang lebih baik melakukan brainstorming karena banyak ide dan pemikiran, lupakan kekawatiran tentang tata bahasa atau ejaan. Kemudian lanjutkan dengan menggunakan struktur yang benar. Setelah itu, tulislah artikel Anda dengan menggunakan tata bahasa yang baik dan ejaan yang benar. Akhirnya, membacanya atau memberikannya kepada orang lain untuk memeriksa kesalahan.
14.  Dapatkan sahabat pena atau menggunakan chatting-room, forum dan situs komunitas. Jika Anda tidak dapat berbicara dengan seseorang dalam bahasa Inggris, ini adalah hal terbaik berikutnya yang bisa dilakukan, gunakan English CD. Dengarkan beberapa kalimat kemudian ulangi apa yang Anda dengar. Fokus pada ritme dan intonasi. Untuk melatih telinga anda tentunya. Tatap cermin, membaca keras-keras bersama dengan CD. Sekali lagi, ini sangat bagus untuk intonasi, pengucapan dan irama. Dikte. Dengarkan CD atau teman dan menuliskan apa yang Anda dengar. Tidak ada yang suka mendengar suara mereka sendiri, tapi beranilah mencobanya! Merekam suara Anda dan mendengarkan pengucapan dan intonasi. Ini akan membantu Anda untuk mengidentifikasi area masalah Anda. Tanyakan guru membantu Anda jika Anda dapat merekam pelajaran nya. Ini adalah cara yang bagus untuk meninjau. Anda juga dapat mendengarkan guru Anda untuk membantu memperbaiki kecepatan dan intonasi berbicara.
15.  Menggunakan kamus bahasa Inggris yang menjelaskan arti dalam bahasa inggris juga karena akan membantu Anda untuk terus berpikir dalam bahasa Inggris dan tidak menerjemahkan. Gunakan kamus bahasa inggris. Jangan bergantung pada kamus bahasa inggris / Indonesia anda. Karena itu hanya bantuan bukan guru utama anda. Jangan bergantung pada kamus. Cobalah menebak artinya.

Jangan putus asa! Tetap positif! Kadang-kadang Anda akan merasa bahwa Anda tidak belajar cukup cepat. Semua orang merasa seperti ini, jangan khawatir tentang hal itu. Anda akan sampai pada tujuan  pada akhirnya. Dan itu butuh kesabaran dan keuletan. Kita akan lanjutkan tips belajar bahasa Inggris berikutnya.  Saat ini silahkan menmpelajarai tips-tips di atas. Dan rasakan perbedaanya setelah melakukannya.
Semoga bermanfaat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MUDAH DAN CEPAT MENYELESAIKAN SOAL BAHASA INGGRIS (TO INFINITIVE)

MOVIE (THE MENTALIST) SUBTITLE INDONESIA

CARA MUDAH MEMAHAMI PENGGUNAAN ELIPTIC SENTENCE